GLOBAL E-BUSINESS AND COLLABORATION

2.1 PROSES BISNIS DAN SISTEM INFORMASI

Agar dapat beroperasi, perusahaan harus berhubungan dengan bagian-bagian informasi tentang pemasok, pelanggan, karyawan, faktur dan pembayaran, dan tentu saja produk dan layanan. Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua informasi mereka, membuat keputusan yang lebih baik, dan meningkatkan pelaksanaan proses bisnis mereka.

PROSESBISNIS

Proses bisnis adalah kumpulan kegiatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa. Kegiatan ini didukung oleh arus material, informasi, dan pengetahuan dalam proses bisnis. Sebuah proses bisnis perusahaan dapat menjadi sumber kekuatan kompetitif jika mereka memungkinkan perusahaan untuk berinovasi atau untuk mengeksekusi lebih baik dari para pesaingnya.

Proses bisnis lainnya melintasi banyak daerah fungsional yang berbeda dan memerlukan koordinasi lintas departemen. Awalnya, departemen penjualan menerima order penjualan. Kemudian produk dikirim. Departemen penjualan diberitahu tentang pengiriman dan mempersiapkan untuk mendukung pelanggan dengan menjawab panggilan atau memenuhi klaim garansi.

BAGAIMANA TEKNOLOGI INFORMASI MENINGKATKAN PROSES BISNIS

Teknologi informasi baru sering mengubah cara bisnis bekerja dan mendukung model bisnis yang sama sekali baru. Men-download e-book Kindle dari Amazon, membeli komputer online di Best Buy, dan men-download trek musik dari iTunes adalah proses bisnis yang sama sekali baru berdasarkan model bisnis baru yang tidak dapat dibayangkan tanpa teknologi informasi saat ini. Dengan menganalisis proses bisnis, maka dapat mencapai pemahaman yang sangat jelas tentang bagaimana bisnis benar-benar bekerja. Selain itu, dengan melakukan analisis proses bisnis,  juga akan mulai memahami bagaimana mengubah bisnis dengan meningkatkan proses untuk membuatnya lebih efisien atau efektif.

2.2 JENIS SISTEM INFORMASI

Adanya kepentingan yang berbeda, spesialisasi, dan tingkat dalam sebuah organisasi, menghasilakan berbagai jenis sistem. Tidak ada sistem tunggal yang dapat menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan organisasi. Sebuah organisasi bisnis yang khas telah mendukung sistem proses untuk masing-masing bisnis utama fungsi-sistem untuk penjualan dan pemasaran, manufaktur dan produksi, keuangan dan akuntansi, dan sumber daya manusia. Sistem fungsional yang beroperasi secara independen satu sama lain menjadi sesuatu dari masa lalu karena mereka tidak dapat dengan mudah berbagi informasi untuk mendukung lintas-fungsional proses bisnis. Banyak yang telah diganti dengan skala besar lintas-fungsional sistem yang mengintegrasikan kegiatan proses bisnis terkait dan unit organisasi.

SISTEM UNTUK MANAJEMEN KELOMPOK BERBEDA

Sebuah perusahaan bisnis memiliki sistem untuk mendukung kelompok-kelompok yang berbeda. Sistem ini meliputi sistem pemrosesan transaksi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, dan sistem untuk intelijen bisnis. 1) Sistem Pemroresan Transaksi. Sebuah sistem pemrosesan transaksi adalah sistem komputerisasi yang melakukan dan mencatat transaksi rutin sehari-hari yang diperlukan untuk melakukan bisnis, seperti order entry penjualan, penggajian, catatan karyawan tetap, dan pengiriman.

2) Business Intelligence untuk Sistem Pendukung Keputusan. Intelijen bisnis adalah istilah kontemporer untuk data dan perangkat lunak untuk mengatur, menganalisis, dan menyediakan akses ke data untuk membantu manajer dan pengguna perusahaan lainnya membuat keputusan yang lebih tepat. sistem pendukung keputusan (DSS) mendukung pengambilan keputusan non-rutin. Mereka fokus pada masalah yang unik dan cepat berubah, dimana prosedur untuk mendapatkan solusi belum tentu ditentukan sebelumnya. Sistem ini menggunakan berbagai model untuk menganalisis data dan dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna dapat bekerja dengan mereka secara langsung. Sistem pendukung eksekutif (ESS) membantu manajemen senior membuat keputusan. Mereka menangani keputusan non-rutin yang membutuhkan penilaian, evaluasi, dan wawasan karena tidak ada disepakati-on prosedur untuk tiba di solusi.

SISTEM YANG MELINGKUPI PERUSAHAAN

Dari  semua jenis sistem yang telah telah dijelaskan, memungkinkan menimbulkan pertanyaan bagaimana sebuah bisnis dapat mengelola semua informasi dalam sistem yang berbeda, atau bagaimana semua sistem yang berbeda dapat berbagi informasi dan bagaimana manajer dan karyawan yang mampu mengkoordinasikan pekerjaan mereka. Semua ini adalah pertanyaan penting bagi bisnis saat ini.
Aplikasi  Perusahaan

Penerapan aplikasi enterprise, yaitu sistem yang mencakup bidang fungsional, fokus pada menjalankan proses bisnis di seluruh perusahaan bisnis, dan mencakup semua tingkat manajemen. Ada empat aplikasi perusahaan besar:

1) Enterprise Systems Firms use enterprise systems (ERP),  untuk mengintegrasikan proses bisnis di bidang manufaktur dan produksi, keuangan dan, akuntansi penjualan dan pemasaran, dan sumber daya manusia ke dalam sistem perangkat lunak tunggal.

2) Sistem Manajemen Rantai Pasokan menggunakan manajemen rantai suplai (SCM) sistem untuk membantu mengelola hubungan dengan pemasok. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan jumlah produk yang tepat dari sumber mereka ke titik  konsumsi dengan jumlah waktu singkat dan dengan biaya terendah.

3) Sistem Management Hubungan Pelanggan. Sistem CRM menyediakan informasi untuk mengkoordinasikan semua proses bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dalam penjualan, pemasaran, dan pelayanan untuk mengoptimalkan pendapatan, kepuasan pelanggan, dan retensi pelanggan.

4) SistemManajemen Pengetahuan  (KMS) memungkinkan organisasi untuk lebih baik mengelola proses untuk menangkap dan menerapkan pengetahuan dan keahlian.

Intranet dan extranet

Intranet dan extranet layak disebutkan sebagai alat alternatif untuk meningkatkan integrasi dan mempercepat arus informasi dalam perusahaan, dan dengan pemasok pelanggan iklan. Intranet hanya situs web internal perusahaan yang hanya dapat diakses oleh karyawan. Demikian juga dengan extranet. Ekstranet adalah situs web perusahaan yang dapat diakses vendor resmi dan pemasok, dan sering digunakan untuk mengkoordinasikan pergerakan pasokan ke alat produksi perusahaan.

E-BUSINESS, E-COMMERCE, DAN E-PEMERINTAH

Bisnis elektronik, atau e-bisnis, mengacu pada penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses bisnis utama di perusahaan. Hal ini juga mencakup perdagangan elektronik, atau e-commerce. E-commerce adalah bagian dari e-bisnis yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui internet.  E-government mengacu pada penerapan teknologi internet dan jaringan digital untuk memungkinkan hubungan pemerintah dan lembaga-lembaga sektor publik dengan warga, bisnis, dan perpanjangan pemerintah lainnya.

2.3 SISTEMUNTUKKOLABORASIDANTEAMWORK

Bisnis membutuhkan sistem khusus untuk mendukung kolaborasi dan teamwork.

APAKAH KOLABORASI?

Kolaborasi bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama dan eksplisit. Kolaborasi berfokus pada tugas atau prestasi misi dan biasanya terjadi dalam bisnis, atau organisasi lainnya, dan antara perusahaan. Kolaborasi dapat berlangsung dalam waktu singkat, yang berlangsung beberapa menit, atau jangka panjang, tergantung pada sifat dari tugas dan hubungan di antara peserta.

Kolaborasi dan team work lebih penting saat ini disebabkan berbagai alasan. 1) Mengubah sifat pekerjaan, 2) Pertumbuhan kerja profesional, 3) Mengubah organisasi perusahaan, 4) Mengubah lingkup perusahaan, 5) Penekanan pada inovasi, 6) Mengubah budaya kerja dan bisnis..

MANFAAT BISNIS DARI  KOLABORASI DAN TEAM WORK

Sebuah survei global terbaru dari bisnis dan sistem informasi manajer menemukan bahwa investasi dalam teknologi kolaborasi yang dihasilkan organisasi meningkatkan lebih dari empat kali jumlah investasi, dengan keuntungan terbesar untuk penjualan, pemasaran, dan fungsi penelitian dan pengembangan (Frost dan Putih , 2009).

MEMBANGUN BUDAYA KOLABORASI DAN PROSES BISNIS

Kolaborasi tidak akan terjadi secara spontan dalam suatu perusahaan bisnis, terutama jika tidak ada budaya yang mendukung atau proses bisnis. Sebuah budaya bisnis kolaboratif dan proses bisnis yang sangat berbeda. Manajer senior bertanggung jawab untuk mencapai hasil, tetapi bergantung pada tim karyawan untuk mencapai dan menerapkan hasil. Fungsi manajer menengah adalah untuk membangun tim, mengkoordinasikan pekerjaan mereka, dan memantau kinerja mereka. Dalam budaya kolaboratif, manajemen senior menetapkan kolaborasi dan teamwork yang penting untuk organisasi, dan itu benar-benar menerapkan kolaborasi untuk jajaran senior bisnis .

ALAT DAN TEKNOLOGI UNTUK KOLABORASI DAN TEAM WORK

Saat ini terdapat hun-dreds alat yang dirancang untuk menghadapi kenyataan bahwa, dalam rangka untuk keberhasilan dalam pekerjaan, semua bergantung pada satu sama lain, sesama karyawan, pelanggan, pemasok, dan manajer. E-mail dan Instant Messaging (IM). E-mail dan pesan instan telah dianut oleh perusahaan sebagai komunikasi dan kolaborasi alat pendukung pekerjaan interaksi. Jaringan Sosial. Alat jaringan sosial dengan cepat menjadi alat perusahaan untuk berbagi ide dan berkolaborasi antara interaksi berbasis pekerjaan di perusahaan. Wiki adalah alat yang ideal untuk menyimpan dan berbagi pengetahuan dan wawasan perusahaan. Virtual Worlds. Dunia maya, seperti Second Life, sedang online 3-D lingkungan dihuni oleh “warga” yang telah membangun representasi grafis dari diri mereka dikenal sebagai avatar.

Internet Berbasis Kolaborasi Lingkungan

Sekarang ada suite produk perangkat lunak yang menyediakan multi-fungsi platform untuk kolaborasi workgroup antara tim karyawan yang bekerja bersama-sama dari lokasi yang berbeda. Alat kolaborasi banyak tersedia, namun yang paling banyak digunakan adalah internet berbasis audio conferencing dan sistem video conferencing, layanan software online seperti Google Apps / Google Sites, dan sistem kolaborasi perusahaan seperti Lotus Notes dan Microsoft SharePoint.
Checklist untuk Manajer: Mengevaluasi dan Memilih Alat Kolaborasi Software

Salah satu kerangka kerja yang telah membantua untuk berbicara tentang alat kolaborasi adalah waktu / matriks ruang kolaborasi dikembangkan pada awal 1990-an.  Matriks waktu / ruang berfokus pada dua dimensi dari kolaborasi prob-lem: waktu dan ruang. Waktu adalah jelas merupakan hambatan bagi collabora-tion pada skala global. Tempat (lokasi) juga menghambat kolaborasi dalam perusahaan global atau bahkan nasional dan regional yang besar.

 2.4 FUNGSI SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS

Dalam semua perusahaan, sistem informasi departemen adalah unit organisasi formal yang bertanggung jawab untuk layanan teknologi informasi. Sistem informasi departemen bertanggung jawab untuk menjaga perangkat keras, perangkat lunak, penyimpanan data, dan jaringan yang terdiri dari infrastruktur TI perusahaan.

DEPARTEMEN SISTEM INFORMASI

Sistem informasi departemen terdiri dari spesialis, seperti program, analis sistem, pemimpin proyek, dan sistem informasi manajer. Sistem analis merupakan penghubung utama antara kelompok sistem informasi dan seluruh organisasi.

Di banyak perusahaan, sistem informasi departemen dipimpin oleh seorang chief information officer (CIO). Para petugas keamanan kepala (CSO) bertanggung jawab atas sistem informasi security. OMS bertanggung jawab untuk mendidik dan melatih pengguna dan spesialis sistem informasi tentang keamanan, menjaga manajemen menyadari ancaman keamanan dan kerusakan, dan memelihara alat dan kebijakan yang dipilih untuk melaksanakan keamanan. CPO bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi undang-undang privasi data yang ada. Petugas Pengetahuan Kepala (CKO) bertanggung jawab untuk pengetahuan-tepi program manajemen perusahaan. Pengguna akhir adalah perwakilan dari departemen luar kelompok sistem informasi untuk siapa aplikasi yang dikembangkan. Pengguna ini memainkan peran yang semakin besar dalam desain dan pengembangan sistem-sistem informasi.

MENGELOLA FUNGSI SISTEM INFORMASI

Ada banyak jenis perusahaan bisnis, dan ada banyak cara di mana fungsi TI diatur dalam perusahaan. Sebuah perusahaan yang sangat kecil tidak akan memiliki informasi grup sistem formal. Perusahaan yang lebih besar akan memiliki departemen sistem informasi yang terpisah, yang dapat diselenggarakan di sepanjang jalur yang berbeda, tergantung pada sifat dan kepentingan perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s