Pencurian identitas….

Pencurian Identitas (Identity Theft, Identity Fraud) adalah bentuk kejahatan cyber dengan mempergunakan/mencuri identitas milik orang lain, guna mendapatkan keuntungan finansial untuk dirinya sendiri. Sementara korban pencurian identitas akan dirugikan secara materiil dan moril, serta kemungkinan besar akan dituntut untuk mempertanggungjawabkan tindak kejahatan maupun penipuan yang telah dilakukan oleh si pencuri identitas. Sebagian besar dari korban pencurian identitas bahkan tidak mengetahui serta menyadari bagaimana identitas mereka bisa sampai ketangan orang lain dan dipergunakan tanpa sepengetahuan mereka. Para pelaku pencurian identitas memiliki modus operandi yang sangat cermat, akurat dan terorganisir.

Beberapa hal yang harus diwaspadai dan dicurigai dalam hal melindungi data pribadi anda adalah:

  • Apabila anda menerima email dari bank pribadi anda ataupun pihak penyedia jasa telekomunikasi, yang meminta anda untuk memverifikasi data pribadi milik anda atau menginformasikan bahwa adanya kecurigaan terhadap akun pribadi milik anda. Biasanya akan ada link khusus pada email yang akan membawa anda langsung ke situs yang diinginkan oleh scammer. Segera lakukan pengecekan ulang melalui telpon ataupun mendatangi lembaga-lembaga tersebut untuk memperoleh keterangan yang valid.
  • Posting mengenai lowongan kerja palsu, dimana aplikasi anda dapat dipergunakan oleh scammer untuk menggali informasi pribadi. Atau penipuan melalui iklan bekerja dari rumah, dimana anda dijanjikan pendapatan yang besar dengan sedikit bekerja, yang tanpa anda sadari adalah meminta transfer dana untuk orang lain.
  • Spyware dan key-logger. Pemasangan spyware dan keylogger pada komputer dan tombol keyboard pada PC yang anda gunakan, dimana kedua piranti lunak ini dapat dipergunakan oleh scammer untuk mennyimpan dan mencuri data-data pribadi milik anda dan informasi pribadi lainnya, yang nantinya akan diduplikasi ataupun dipergunakan untuk kepenting pribadi dari scammer itu sendiri.

Untuk itu sangatlah penting untuk selalu waspada dan teliti dalam menjaga kerahasian data-data pribadi milik anda.

  • Jangan pernah memberikan informasi mengenai data-data pribadi kepada orang yang anda tidak kenal.
  • Selalu melakukan pengecekan ulang terhadap lembaga keuangan tempat ada menyimpan dana pribadi apabila ada permintaan untuk memverifikasi data.
  • Selalu periksa transaksi perbankan anda, apakah sesuai atau ada kegiatan yang mencurigakan
  • Hindari menyimpan data-data pribadi seperti nomer rekening bank ataupun pin ATM maupun PIN kartu kredit anda pada handphone. Simpanlah pada tempat yang aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s