Wisata Enrekang…

DIMANA ENREKANG???

Kabupaten Enrekang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Enrekang. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.786,01 km² dan berpenduduk sebanyak ± 190.579 jiwa.

Asal kata Enrekang

Sejak abad XIV, daerah ini disebut MASSENREMPULU yang artinya daerah pinggiran gunung atau menyusur gunung, sedang sebutan Enrekang berasal dari ENDEG yang artinya NAIK DARI atau PANJAT merupakan asal mulanya sebutan ENDEKAN.

Sedangkan versi lain mengatan bahwa kata ENREKANG berasal dari bahasa Bugis yang berarti daerah pengunungan. Mengapa orang bugis mengatakan demikian dapat dimengerti sebab lokasi kabupaten Enrekang ± 85 % dari seluruh luas wilayah dikelilingi oleh gunung dan bukit yang membentang disepanjang wilayah kabupaten Enrekang yang luasnya ± 1.786.01 Km².

Ditinjau dari segi sosial budaya, masyarakat Kabupaten Enrekang memiliki kekhasan tersendiri. Hal tersebut disebabkan karena kebudayaan Enrekang (Massenrempulu’) berada di antara kebudayaan Bugis, Mandar dan Tana Toraja. Bahasa daerah yang digunakan di Kabupaten Enrekang secara garis besar terbagi atas 3 bahasa dari 3 rumpun etnik yang berbeda di Massenrempulu’, yaitu bahasa Duri, Enrekang dan Maiwa. Bahasa Duri dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Alla’, Baraka, Malua, Buntu Batu, Masalle, Baroko, Curio dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Enrekang dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Enrekang, Cendana dan sebagian penduduk di Kecamatan Anggeraja. Bahasa Maiwa dituturkan oleh penduduk di Kecamatan Maiwa dan Kecamatan Bungin. Melihat dari kondisi sosial budaya tersebut, maka beberapa masyarakat menganggap perlu adanya penggantian nama Kabupaten Enrekang menjadi Kabupaten Massenrempulu’, sehingga terjadi keterwakilan dari sisi sosial budaya.

KULINER ENREKANG….

1. Baje Kotu. Baje Kotu adalah beras ketan yang dimasak dengan gula aren campur kelapa, kemudian dibungkus daun jagung sebesar ukuran batterai besar.

2. Nasu Cemb. Nasu Cemba, yaitu sejenis coto. Terbuat dari daging kerbau yang dimasak dengan bumbu khas termasuk daun asam. Jangan terkejut jika suatu waktu Anda ke Enrekang lantas disuguhi Nasu Cemba (Masakan Asam), menemukan potongan daging kerbau yang diikat dengan balutan daun asam.

Gambar

3. Camme Tuttu, sayuran yang terbuat dari daun ubi yang ditumbuk dicampur dengan parutan kelapa bersantan.

4. Dangke ( KEJUNYA ENREKANG). Dangke, yaitu kuliner yang terbuat dari susu kerbau atau sapi kemudian dikentalkan dengan tumbukan tangkai daun papaya. Dangke sejak lama menjadi makanan istimewa dari warga di wilayah Enrekang yang popular disebut sebagai wilayah Massenrengpulu.

* Dank uTerima kasih! Konon penamaan kuliner Dangke berasal dari ucapan rasa terima kasih orang Belanda tempo dulu setelah memakan olahan susu sapi itu di Enrekang

Image

APA YANG MENARIK UNTUK DI LIHAT…??

1. Buntu Kabobong (Gunung Nona)

Image

Objek wisata Buntu Kabobong yang terletak di desa Bambapuang kecamatan Anggeraja sekitar 16 km dari kota Enrekang, atau sekitar 236 Km dari Kota Makassar dan dapat ditempuh selama + 5 jam. Buttu Kabobong sekarang mampu menyaingi posisi Batutumonga. Selain itu beberapa gua alam lainnya yang memang menyimpan keindahan alami yang belum dikelola. Kabobong dalam bahasa setempat artinya gunung erotik, karena bentuk yang dibuat oleh lereng dan lembah dari bukitnya. Rumah tempat istirahat sejenak dibangun disebelahnya menyajikan minuman dan panorama yang indah dari wilayah sekitar.

2. Kuburan Batu di Tontonan Enrekang

Image

Usia kubur batu ini  diperkirakan lebih dari 300 tahun  . Masih tampak peti-peti mayat yang terbuat dari kayu.. dan tengkorak yang berada di atas kuburan..

3. Air Terjun Lewaja

Wisata lain yang bisa Anda kunjungi saat berada di Enrekang adalah air terjun dan kolam renang alami Lewaja yang berada sekitar empat kilometer ke arah selatan kota Enrekang. Air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh warga Enrekang maupun mereka yang datang dari luar Enrekang.

Gambar

4. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung yang tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.680 meter, puncaknya yang bernama Rante Kambola. Pegunungan Latimojong ini membentang dari selatan ke utara. Di sebelah barat Gunung Latimojong adalah Kabupaten Enrekang, sebelah utara Kabupaten Tana Toraja, sebelah selatan adalah daerah Kabupaten Sidenreng Rappang dan area sebelah timur seluruhnya wilayah Kabupaten Luwu sampai di pinggir pantai Teluk Bone.

Image

5. kAMPUNG BONE-BONE ( Desa bebas rokok)

Sebuah desa yang terletak di lereng Gunung Latimojong pada ketinggian 1300 – 1500 meter dari permukaan laut, berlokasi di Kab. Enrekang. Larangan merokok di desa tersebut merupakan kesepakatan warga desa sejak 2001. Meski 100 persen tidak ‘diundangkan’ secara tertulis, tetapi aturan itu sudah jadi baku dengan sendirinya, karena sejak awal merupakan norma.Bahkan Larangan merokok di desa tersebut bukan cuma berlaku untuk warga desa setempat. Orang luar pun yang masuk desa Bone-Bone, tidak boleh mengepulkan asap rokok.

Secara bertahap, aturan larangan merokok juga disertai dengan sanksi. Warga yang ketahuan merokok di kawasan desa wajib terlibat dalam kegiatan untuk kepentingan umum, seperti pembenahan jalan rusak, pembangunan fasilitas umum, dan pembersihan jalan. Sanksi ini dinilai cocok untuk mendidik warga ketimbang denda berupa uang tunai. Upaya mengawasi perilaku warga desa sejauh ini relatif lancar. Kondisi geografis desa yang terletak di dataran tinggi membuat bau asap rokok dapat tercium hingga radius sekitar 200 meter.

…… Itu sedikit info dari saya mengenai Kabupaten Enrekang….. “Leppangki di Enrekang”

–smoga bermanfaat–

Gambar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s